[ADS] Top Ads

8 Ciri Karyawan Psikopat di Kantor, Jauh-Jauh dari Mereka Ya!

Kerja di kantor bareng psikopat? Kenapa gak mungkin, hal itu bisa saja terjadi lho tapi kamu yang mungkin gak sadar.

Psikopat memang kerap punya citra yang buruk. Mereka kerap identik dengan perilakunya yang sadis, gak punya hati nurani, manipulatif, dan seringkali sulit mengelola emosinya.

Asal kamu tahu, psikopat bisa membaur dengan mudah dengan orang lain. Gak ketahuan deh apakah dia psikopat atau tidak karena memang mereka gak ada bedanya dengan kita semua. Namun ada waktu di mana, sifat asli mereka bisa terungkap.

Situs Independent telah merangkum bagaimana ciri-ciri seorang psikopat di dunia kerja. So, gimana kalau kita pahami dulu yuk ciri-ciri itu, jangan-jangan kita kerja di kantor dengan mereka. Berikut ulasannya.

Baca juga: Kamu Berkepribadian Ekstrovert, 5 Pekerjaan Ini Cocok Diterapkan! Jangan Sampai Salah Pilih

1. Mereka memesona dan cenderung ekstrovert

Ekstrovert (Shutterstock).

Jangan salah, gak semua psikopat itu pendiam, misterius, dan sadis. Terkadang mereka justru terbuka, friendly, dan mudah bergaul.

Para psikopat sangat handal dalam mempresentasikan dirinya di depan banyak orang. Bahkan gak sering mereka bisa mudah dekat hingga menjadi teman kerja di kantor yang baik.

Beberapa di antara kamu mungkin bisa terpedaya dengan kebaikan dan keramahan mereka. Dan setelah kamu dekat dengan mereka, barulah akan beraksi. Hii serem!

2. Mereka sangat pede

Sikap kedua dari psikopat adalah mereka punya rasa percaya diri yang sangat kuat (Shutterstock).

Sikap kedua dari psikopat adalah mereka punya rasa percaya diri yang sangat kuat. Mau dalam kondisi apapun, kepercayaan diri mereka dalam bertindak memang patut diacungi jempol.

Kalau dipikir-pikir, kita sendiri kadang harus berjuang biar bisa ngomong di depan publik atau mempresentasikan sesuatu. Tapi bagi mereka, hal itu gak jadi soal.

Mengapa mereka semua bisa pede? Ternyata itu adalah sikap egosentrisme yang mana membuatnya merasa yang terhebat di dunia.

Sementara itu, mereka memandang orang-orang lain di sekelilingnya punya kemampuan yang jauh di bawahnya.

Baca juga: Masih Bingung Pengin Ajukan Kartu Kredit Biasa Atau Virtual? Ini Perbedaannya yang Wajib Kamu Ketahui

3. Suka berbohong

Pede, memesona, mudah bergaul, tapi ternyata dia suka berbohong (Shutterstock).

Pede, memesona, mudah bergaul, tapi ternyata dia suka berbohong. Dan parahnya, bohongnya sering keterusan alias hampir semua perkataannya bisa jadi bohong.

Berbeda dengan orang normal, psikopat gak pernah malu ketika dia ketahuan bohong. Karena mereka justru bisa mengutarakan “kebohongan lainnya” untuk menutupi kebohongan yang sudah terungkap.

4. Manipulasi tingkat dewa

Manipulasi adalah suatu keahlian yang sangat dikuasai para psikopat (Shutterstock).

Manipulasi adalah suatu keahlian yang sangat dikuasai para psikopat. Ngeri lho kalau ternyata kita kerja di kantor yang ada psikopatnya.

Mereka dengan mudah memuji-muji seseorang atas kinerja atau pencapaiannya. Tapi sekalinya ada masalah, dengan mudah mereka mencari kambing hitam untuk disalahkan.

Atau sederhananya, dia bisa saja pagi senang karena ada pencapaian tapi siangnya langsung berubah mood dan ngamuk-ngamuk akibat suatu hal yang gak dikehendaki. Maklum namanya juga psikopat, emosinya gak stabil.

Baca juga: Pengin Beli Kendaraan Tapi Bujet Terbatas, Ini 5 Mobil Bekas yang Bisa Kamu Beli Di bawah Rp 100 Juta

5. Tujuan jangka panjang mereka gak realistis

Tujuan jangka panjang mereka gak realistis (Shutterstock).

Para psikopat juga sulit menentukan tujuan jangka panjang mereka karena para psikopat kerap dianggap perencana yang buruk. Walaupun kelewat pede, sejatinya mereka sering gak membuka diri pada hal-hal tertentu.

6. Gak mau mengakui kesalahan

Gak mau mengakui kesalahan (Shutterstock).

Ketika ada rekan kerja mereka yang tersinggung atau menudingnya melakukan kesalahan, para psikopat gak akan semudah itu mengaku. Dia umumnya ngeles dan ujung-ujungnya melempar kesalahan ke orang lain.

Ada gak tuh orang yang sering kayak gini di kantormu? Tapi bukan berarti mentang-mentang sekali gak ngaku salah terus kamu cap psikopat ya.

7. Amarahnya mengerikan

Pemarah (Ilustrasi by Shutterstock).

Amarah dari seorang psikopat juga mengerikan, bisa dibilang cukup meledak-ledak. Otomatis bikin kaget deh.

Para psikopat ibarat sumbu pendek. Mereka sangat mudah marah pada setiap hal-hal kecil yang menurut mereka menyebalkan.

Coba deh perhatiin, ada gak orang kantormu yang sering marah-marah gak jelas sama hal sepele. Tapi jangan lantas diledekin psikopat ya.

8. Mereka lebih suka ditakuti ketimbang dihormati

Mereka lebih suka ditakuti ketimbang dihormati (Shutterstock).

Pernah nonton Game of Thrones? Yang sudah pernah nonton pasti tahu siapa itu Joffrey Baratheon. Joffrey adalah salah satu karakter psikopat di serial itu.

Apa yang ada di pikiran para psikopat memang gak jauh dari hal-hal yang sadis. Dan terkadang mereka memang menunjukkan sifat itu secara gak langsung.

Sebagai seorang pemimpin, para psikopat lebih suka memiliki bawahan yang takut padanya ketimbang respek. Terlihat dong bedanya di mana.

Itulah delapan ciri-ciri para psikopat yang mungkin kerja di kantor yang sama denganmu. So, apakah ada salah satu rekan atau atasan kerja yang sifatnya seperti ini?

Kalau cuma salah satunya saja, mungkin dia belum tentu psikopat. Tapi kalau sudah delapan-delapannya ya siap-siap sebar CV dan cari kerja baru deh. (Editor: Winda Destiana Putri).

SUPPORT !!
Dukung Blog KURAZONE agar selalu update mengenai informasi dunia Blogger dengan cara meninggalkan komentar dan membagikan artikel yang telah kalian baca,
1x share dari kalian sangat berarti bagi kami. Arigatou !!
Show Comments