[ADS] Top Ads

Sebelum Rental Mobil untuk Liburan Akhir Tahun, Perhatikan Hal-Hal Ini

Memasuki bulan Desember, itu artinya sudah berada di penghujung tahun 2018. Musim libur Natal dan Tahun Baru juga semakin dekat. Sudah pasti kamu memiliki rencana liburan untuk menghabiskan akhir tahun ini bukan?

Bila berencana liburan keluar kota atau keluar pulau sekalipun, rental mobil atau motor menjadi salah satu kebutuhan yang juga perlu dipersiapkan. Dengan cara menyewa kendaraan, bujet liburan bisa jadi lebih ringan dibanding kalau kalian memutuskan untuk jalan-jalan bersama keluarga menggunakan kendaraan umum.

Kalau liburannya cuma sendiri atau berdua dengan pasangan, mungkin cukup dengan menyewa kendaraan roda dua. Tapi kalau liburannya ramai-ramai alias sama anak, teman bahkan keluarga, sewa mobil tentu jadi pilihannya.

Banyak hal yang harus kamu perhatikan sebelum benar-benar memutuskan rental mobil untuk libur akhir tahun. Biar liburan tahun ini berkesan dan nyaman, pastikan sebelum memutuskan rental mobil, kamu memperhatikan beberapa hal berikut seperti diulas dalam laman Carmudi. Apa aja sih, simak yuk.

Baca juga: Tak Ingin Sengsara di Hari Tua, Ini 4 Asuransi yang Wajib Dimiliki dari Sekarang

1. Cari yang sesuai kebutuhan

Cari yang sesuai kebutuhan (Shutterstock).

Hal pertama yang jadi pertimbangan adalah kebutuhan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhanmu. Kenapa hal ini penting? Karena saat berencana rental mobil, kalian pasti disuguhkan dengan pilihan beragam.

Disini kamu dituntut untuk bijak menentukan pilihan. Kalau kebutuhannya untuk mengakomodasi 3 atau 4 orang (suami istri dan 2 orang anak) dan hanya untuk dipakai keliling dalam kota tujuan berlibur, rasanya jenis city car sudah lebih dari cukup.

Agya, Ayla, atau Karimun Wagon bisa jadi pilihan paling pas. Selain kompak juga lebih irit konsumsi bahan bakarnya. Maklum karena kapasitas mesinnya pun juga tidak terlalu besar.

Tapi kalau liburannya ramai-ramai, sudah pasti model MPV yang bisa muat maksimal 7 orang jadi rujukan. Kalau untuk jenis ini banyak sekali model pilihannya. Tapi yang paling banyak tersedia biasanya Avanza, Xenia, Ertiga atau Mobilio.

2. Lansiran tahun muda

Jangan sampai liburan bermasalah hanya karena salah memilih mobil (Shutterstock).

Ini penting! Jangan sampai liburan bermasalah hanya karena salah memilih mobil. Disarankan untuk menyewa mobil keluaran terbaru atau tahun pembuatannya di bawah usia tiga tahun.

Asumsinya, kondisi mobil tentu lebih segar, performa mesin bagus dan minim risiko mogok di jalan. Meski tarif sewanya sedikit lebih mahal, tapi hal tersebut worth it demi menjaga kenyamanan perjalanan selama liburan.

Baca juga: Apa Kata Zodiak Soal Peruntunganmu di Akhir Tahun 2018?

3. Cek kondisi serta kelengkapan surat kendaraan

Cek kondisi serta kelengkapan surat kendaraan (Shutterstock).

Sebelum melakukan serah terima mobil rental, kamu juga dituntut untuk teliti dalam memeriksa kondisi mobil. Hal yang harus mendapat perhatian adalah kondisi mesin, kondisi ban, sistem pengereman, fungsi dari lampu serta surat kelengkapan berkendara. Dalam hal ini cek pajak serta STNK mobil masih berlaku atau tidak.

Kamu tentu tidak mau saat perjalanan malam hari bermasalah dengan lampu mobil yang mati sebelah atau lampu rem tidak menyala. Tentu juga jangan sampai terjadi saat tengah menikmati perjalanan tiba-tiba diberhentikan Polisi dan diminta kelengkapan surat kendaraan, tau-tau STNK atau pajaknya mati. Dijamin liburan kamu bakal jauh dari kata berkesan.

4. Jangan tergiur harga murah

Liburan akhir tahun,jangan lupa sewa kendaraan (Shutterstock).

Banyaknya pilihan jasa rental mobil membuat persaingan di bisnis ini juga sangat ketat. Imbasnya harga sewa pun beragam, mulai dari yang paling murah sampai yang paling mahal, meski tipe serta jenis kendaraannya sama.

Disini kejelian juga dituntut untuk memastikan yang terbaik. Paling mahal bukan berarti yang terbaik, sebaliknya, harga termurah pun bukan berarti bikin untung.

Baca juga: Kerja Keras Tapi Gak Cerdas, Ini Rentetan Alasan Kamu Susah Naik Jabatan

Lebih baik lakukan pengecekan mobil atau unit yang disewa sebelum benar-benar dibawa pergi. Sama seperti hendak membeli mobil sebaiknya lakukan test drive jarak dekat terlebih dulu.

Nah, gimana? Apa kamu sudah mempertimbangkan akan menyewa mobil jenis apa? Selain mempersiapkan segala akomodasi, jangan lupa dana yang digunakan benar-benar terencana. Jangan sampai malah mengganggu tabungan yang lain kalau ternyata kamu gak mempersiapkan dana liburan dengan benar. Selamat berlibur! (Editor: Winda Destiana Putri).

SUPPORT !!
Dukung Blog KURAZONE agar selalu update mengenai informasi dunia Blogger dengan cara meninggalkan komentar dan membagikan artikel yang telah kalian baca,
1x share dari kalian sangat berarti bagi kami. Arigatou !!
Show Comments